Balada harta riba

10 Dzulhijjah, hari ini kaum muslimin berhari raya. Ada apa disana? Idul adha, yang ternyata jumhur ulama sepakat bahwa Idul adha lebih afdhol dari Idul fitri. Tapi Indonesia justru kebalik budayanya, gw bukan mau ceramah soal agama ya takut disangka wahabi atau apalah garis keras gitu. Orang sini kan (re:Indonesia) kalo ada yang bahas agama yang kiranya bertentangan dengan tradisi nenek moyang, pasti langsung dituduh wahabilah, garis keraslah, terorislah. Selaw bosque, gw cuma pengen ngeshare pikiran sederhana gw sebagai pengamat amatiran. Kalo dipikir-pikir nih, kalo emang Idul fitri yang utama..disitu kita abis solat Idul fitri ngapain? Cuma main-main ketempat tetangga, kerabat dan keluarga yang lain. Belum lagi pas 10hari terakhir Ramadhan, dimana itu adalah hari-hari paling istimewa, ada malam yang lebih mulia dari 1000bulan yaitu Lailatul qadar. 10hari terakhir itu justru (harusnya) jadi hari terkritis ibadah bulan ramadhan yang harus di gas sekenceng-kencengnya. But, Indonesia?

Malah pada sibuk mudik, ibadahnya apakabar? Udah gitu abis solat Ied main ke rumah-rumah nge-fullin perut doang. Gimana dengan Idul adha gaes, 9 Dzulhijjahnya puasa yang faedahnya dengan izin Allah bisa menghapus dosa satu tahun sebelum dan sesudahnya. Lalu besoknya solat Ied, abis itu nyembelih hewan qurban. Can you imagine? Ini luar biasa. Dan itu hewan qurban dagingnya dibagi-bagiin ke siapa aja, orang-orang fakir yang hari-harinya cuma makan nasi sisa kemaren atau makan daun singkong yang itu aja dapet metik dikebon pak lurah, atau orang yang secara finansial cuma bisa makan nasi dilaukin mie instan, hari itu bisa pada makan daging! Itu hari raya yang sebenarnya, semua makan enak semua bersuka cita. Apalagi katanya, 1hewan qurban yang disembelih lebih utama dibanding sedekah yang dikeluarkan seharga hewan qurban itu. MasyaAllah apa ga luar biasa tuh Idul adha. Gw mikir, gw juga pengen berqurban tuh. Karena qurban itu kan bernilai sedekah juga, pasti pahalanya juga gede MasyaAllah. Tapi pas gw baca ini :

Secara ye kan, meskipun gw bukan pegawai bank tapi saat ini gw masih kerja di koperasi konven. Gw bukannya mau menangkap mentah-mentah sebuah informasi, tapi karena kalo dipikir-pikir riba itu termasuk harta ghulul. Banyak kok kajian-kajian yang nyebutin kalo harta riba ga boleh disedekahkan. Tapi bukan berarti gw nyalahin pegawai bank yang suka sedekah, bukan itu maksud gw. Ini cuma buat diri gw sendiri aja, kan di blog ini gw bebas mau nulis apa aja. Kan siapa tau ada yang setuju dengan sikap berhati-hati gw kali ini. Yang namanya pegawai lembaga keuangan konven, mereka yang tetap bertahan ditempat itu ga resign-resign bukan berarti mereka ga tau dengan situasi ribawi didalam sana. Ada yang memang tau tapi acuh, ada yang tau dan kepikiran resign tapi belum tau kapan, dan ada yang memang udah dapet hidayah tapi belum bisa keluar. Gw salah satu diantaranya, tapi insyaallah gw udh punya planning kapan keluar. Gw tau gaada yang jamin kalo gw bakal hidup sebelum sempet resign, gaada yang jamin kalo rencana resign awal tahun depan itu gw udah mati apa belum. Gw cuma bisa berdoa mudah-mudahan Allah kasih gw umur panjang, karena kondisi gw serba sulit kalo mau resign saat ini juga.

Yang pasti gw pribadi serba galau dengan harta riba ini, emang kalo nggak thoyyib dari awal mau dimaju mundurin bingung. Disedekahin malah nanti di akhirat bisa menyeret kita ke neraka, tapi kalo ga pernah sedekah dikatain pelit.

Sedekah cuma diterima Allah dengan harta yang halal. Intinya itu deh, dan sikap soal perkara ini gw cuma bisa berhati-hati. Gw kagak berqurban, kasian sih sama orang tua gw yang hidupnya pas-pasan itu. Pengen banget qurban biar mereka seneng, tapi apa daya gw diem aja dirumah sambil bikin post. semoga kehati-hatian ini tepat, dari pada terjerumus ke neraka. Gw ga mau kalo gw beli hewan qurban pake duit gw, qurban gw yang niatnya sedekah boro-boro jadi ladang pahala malah jangan-jangan besok diakhirat gw diseret-seret ke neraka gara-gara ini.😢

Hari ini gw sedih sebenernya, takut orang tua mikir lah kok gw kerja bertahun-tahun beli kambing seekor aja ga mampu. Bukan, bukan itu. Tapi gw memilih berhati-hati, biarlah harta ghulul ini gw sendiri yang menanggung resikonya. Dan kalo ada yang tanya, udah tau riba kenapa gw ga resign? Yah itu hanya gw dan Allah yang tau, semoga awal tahun nanti gw bisa beneran resign dan taubat. Semoga Allah mengampuni kita semua dan memudahkan siapa saja yang ingin kembali ke jalan-Nya. Aamiin ya mujib 🤲

Leave a comment