Rekrutmen di Koperasi Syariah

Bisa dibilang ini rekrutmen yang paling apalah-apalah, karena isinya gue cuma cengar-cengir cengengesan doang. Berawal dari keberangkatan gue mengikuti jobfair di daerah asal gue, tadinya sama sekali ga yakin karena biasanya jobfair daerah itu peluangnya ga sekeren jobfair dikampus-kampus. Dan ternyata ya begitulah 😌

Setelah keliling melototin stan-stan di jobfair, salah satunya gue tertarik untuk apply dikoperasi syariah. KSPPS AL HUDA namanya. Syaratnya ribet banget buset, banyak banget yang mesti dikumpulin. Paling tekor urusan pas foto, diminta berapa ya 4 kalo ga salah (ukurannya lupa, mungkin 4×6). Waktu itu yang open position cuma bagian administrasi dan AO. Dan kita tau bahwasanya AO berujung ke aktivitas-aktivitas marketing dan karena gue bosen terjun di marketing ya jelas lah gue ngelamar yang bagian administrasi. Saat itu gue sempat berbincang dengan ibu-ibu yang ternyata hrdnya,

beliau bertanya “asalnya mana dik? Nanti kira-kira siap nggak ditempatkan dicabang Kalibening atau Karangkobar (dua-duanya adalah daerah dataran tinggi), dari rumahmu berapa jam?
Setelah gue mikir lalu gue jawab “kurang lebih 1-2jam dari rumah saya
Kata ibu itu “wah jauh lho itu, apa kamu siap?
Siap lah bu, masalah jauh kan nanti saya bisa kost bu“, gue jawab santai
Emang yakin gajimu cukup buat ngekost?“, ibu itu berkata sambil senyum entah senyum bercanda apa senyum kasih kode bahwa dia serius.

Disitu gue gagal paham banget ama maksud si ibu hrd, ngapain pake nakut-nakutin bukannya dimotivasi biar pada semangat ngelamar. Gue saat itu mikir positif aja, paling ibu itu lagi bercanda.
Begitu naruh lamaran ternyata langsung disuruh ngerjain soal tes, tes kepribadian. Bentar doang sih, yang agak lama mah nunggu panggilan tahap berikutnya. Kurang lebih sebulan kemudian baru dapet panggilan interview di kantor pusatnya di Wonosobo (sebelah pom bensin), nama jalannya mayjend Bambang Sugeng kalo ga salah. Tes dijadwalkan jam 13.00, tapi karena antri dengan peserta lain entahlah gue masuk berhadapan ama hrd nya jam berapa. Karena udah lama banget (kira2 bulan agustus) yang gue ingat dari sederet pertanyaan hrdnya cuma beberapa aja;
+kenapa memilih melamar diKSPPS Al Huda?
-intinya karena gue kepengen kerja dilembaga keuangan syariah, karena gue muslim dan sebisa mungkin menghindari transaksi riba
+apa perbedaan koperasi dan bank?
-hehehe…kalo bagian ini saat itu gue belum bisa jawab dengan benar, dan interviewer pun ga ngasih jawaban tepatnya -_-
Nggak lama setelah bincang-bincang gue disuruh tes komputer, terutama Ms. Excel. Dikasih kasus soal di tabel, suruh diselesaikan. Yahh disitu gue nggarap sambil cenger cengir karena lupa rumus IF, huft. Sampai waktu habis gue cuma berhasil ngetik ulang soalnya doang, wkwkwkw.
Lalu si ibu ini lanjut ke tahap selanjutnya, beliau menjelaskan aturan kerja dikantor itu,
+nanti kalo kerja disini masuknya jam 7.30, begitu masuk wajib tadarus. Senin kamis wajib puasa sunah, gimana kamu siap?
-siap banget bu, (seneng dan kagum banget sama aturan begituan)

+siap nggak nanti ditempatkan dicabang X (daerah dataran tinggi yang pernah disebut)?
-siap bu, soal jauh dekat ga masalah saya bisa dan biasa kost
+emang gajimu cukup buat kost? Oiya satu lagi, untuk setiap karyawan wajib membayar uang jaminan 10juta yang dibayarkan boleh cash atau diangsur dengan menyertakan jaminan bpkb atau surat penting lainnya, uang ini tetap kita simpan bukan disekolahkan. Nanti kalo kontraknya sudah habis dan ingin resign maka uang akan dikembalikan dengan catatan tidak melakukan kecurangan selama bekerja. (Semacam jaminan kejujuran, kalo bertindak curang maka orangnya dipecat dan uang jaminannya hangus)
-bu nanti kalo saya ga mampu bayar 10juta gimana, kan saya kerja cari duit malah disuruh bayar
+bisa diangsur, yang penting lunas selama setahun. Atau bisa pake jaminan bpkb motor punya pacarmu, tetanggamu, siapapun terserah.
ooh, yayaya
+ada lagi yang ditanyakan?
-ada, sebelumnya mohon maaf bu. Saya penasaran kenapa ibu sempat beberapa kali mengatakan ’emang gajimu cukup buat kos’, memangnya gaji disini berapa bu? Dan untuk training nanti berapa lama?
-nanti ada magang selama 3bulan, dan untuk posisi admin selama magang itu gajinya xxx.000 (ratusan ribu, doang. Yang bahkan jauh dibawah UMR kota gue yang saat itu Rp 1.270.000). Nanti kalo udah kontrak plus minusnya ya 2juta.

Buset parah bener

Leave a Reply

