Ketika Interviewer bertanya: “Apa Perbedaan Koperasi dan Bank”

Pengalaman pribadi aja nih, karena obsesi kerja dilembaga keuangan. Yang gue alami cari peluang di bank susah ternyata, kebanyakan posisi yang ditawarkan adalah posisi sejenis marketing dengan beragam tittle. Ada Account officer, Account Executive, Relationship Officer dan lain sebagainya. Alih-alih karena bosan dengan dunia marketing, melihat peluang kaya gitu gue jadi males 😅. Ada lagi sih program Officer Development Program (ODP), tapi sepertinya peruntungan gue ga terlalu bagus disitu apalagi ada yang bilang ODP itu biasanya dilihat kemampuan berbahasa inggrisnya (katanya)..lah ya udah gue mundur perlahan lah kalo udah inggris2an 😭

Akhirnya guepun mulai melirik lembaga keuangan lain, koperasi. Mulailah lamaran demi lamaran gue terbangkan pada koperasi yang memang lagi open recruitment. Koperasi pertama yang gue masuki adalah koperasi syariah yang kebanyakan kantor cabangnya tersebar didaerah-daerah dataran tinggi, mitra petani sayur mayur mungkin. Dan dengan segala rangkaian tesnya gue dinyatakan diterima disana walaupun saat di tanya “apa perbedaan koperasi dan bank?

saat itu gue belum bisa jawab, interviewernya pun ga ngasih kejelasan apa perbedaan mendasar dua lembaga keuangan tersebut. Karena alasan yang sangat krusial, dimana sistem salary disana membuat gue bakal seperti orang kerja yang dikerjain maka kesempatan kerja disana ga gue ambil. Beberapa minggu kemudian datang panggilan tes dari koperasi konvensional yang berlokasi di kota yang sama. Setelah dinyatakan lolos psikotes, masuklah gue ke tahap interview.
Belajar dari pengalaman sebelumnya, gue mencoba memecahkan pertanyaan “perbedaan koperasi dan bank“. Siapa lagi yang gue tanya kalo bukan mbah gugel, tapi hasilnya = mumet. Kebanyakan penjelasan digugel adalah penjelasan secara harfiah dan teoritis, ga bisa dicerna secara sederhana oleh orang awam seperti gue yang sama sekali ga ada latar belakang pendidikan ke-ekonomian. Gue sama sekali ga bisa menyimpulkan benang merah, garis keras..eh garis besar perbedaan koperasi dan bank, entah dari suku bunga atau dari segi lain. Sialnya, pada saat interview lagi-lagi gue beneran ditanya “apa perbedaan koperasi dan bank“. Tapi disesi inilah gue berterimakasih pada bapak interviewer karena akhirnya beliau berikan jawaban, meskipun gue ga diterima dikoperasi itu tapi at least gue dapet ilmunya.

Berawal dari perbincangan gue dan interviewer tentang skripsi gue yang topiknya adalah pupuk organik, beliau bertanya;

+apa perbedaan pupuk organik dengan yang anorganik?
-pupuk organik itu dari bahan-bahan alami pak, kalo anorganik berasal dari bahan sintetis buatan manusia
+apa kelebihan pupuk organik dibanding anorganik?
-pada dasarnya respon tanaman pada pupuk organik lebih lambat dibanding pupuk anorganik, tapi peran penting pupuk organik adalah untuk menjaga produktivitas lahan agar dapat digunakan secara berkelanjutan dalam waktu yang lama
+berarti dari analogi itu, anda bisa simpulkan perbedaan koperasi dan bank?
-suku bunganya pak.
+suku bunga di koperasi lebih tinggi dari bank lho, lalu kenapa orang masih mau gabung dikoperasi?
-buffering 😐
+sederhana saja mbak, koperasi itu mirip seperti pupuk organik dan bank itu seperti pupuk anorganik. Orang pake pupuk organik itu kan demi menjaga produktivitas lahan agar bisa digunakan terus menerus, artinya koperasi itu lebih mengutamakan kesejahteraan anggota koperasi karena nantinya kan bagi hasil. Dalam pengaplikasiannya ke tanaman pupuk organik itu kan boros dalam hal jumlah, sama seperti koperasi yang suku bunganya lebih tinggi dibanding bank. Tapi produktivitas lahannya terjamin, koperasipun sebisa mungkin memprioritaskan kesejahteraan anggota. Lain dengan bank, bank itu yang penting untung. Kalo ibarat pupuk anorganik, dia itu yang penting hasil taninya banyak tapi ga peduli produktivitas lahannya makin menurun atau tidak.
-gue hanya bisa terdiam terpana dan terpesona sambil bilang, oooo…ya ya ya 😂

Semoga analogi sederhana ini dapat sedikit membantu pemahaman mendasar teman-teman tentang koperasi dan bank, memang sama sekali tidak detail. Mungkin masih banyak lagi perbedaan keduanya, tapi biarlah karena detail tentang perbedaan koperasi dan bank hanya milik mereka yang expert dibidangnya.

Udah ah ngetiknya, mau main cari telolet. OM TELOLET OM!!!

Leave a Reply

