August 14th

Manusia menghadapi problema yang bermacam-macam, entah diusia yang sama atau sepantaran apakah Tuhan memberikan ujian yang levelnya sama atau tidak. Yang jelas setiap manusia pasti berproses dan tumbuh, seperti apa manusia itu sekarang adalah hasil dari apa yang telah dilewatinya dimasa lalu. Kita tidak pernah tau apa saja yang orang lain hadapi, sampai mereka ada dititik sekarang. Maka sebenarnya tidak ada satupun yang berhak menghakimi lu harus begini, lu harus begitu..ingin ini ingin itu banyak sekali #loh doraemon?

Karena kita tidak pernah tau proses tiap-tiap orang, sering kali kita hanya sawang sinawang. Ada yang masih muda, tapi pemikirannya luar biasa dewasa. Ada yang bangkotan, masih kekanakan.

Seperti apa orang itu, ya memang itulah kehidupannya. Begitulah yang dialaminya, pahami saja. Kita tidak bisa seenaknya mengkritik seseorang hanya dari sudut pandang pribadi. Ada baiknya kritik itu dikeluarkan ketika kita benar-benar tahu secara rinci, atau jika tidak kritikan kita hanya akan jadi omong kosong dimata orang lain dan dianggap sampah. Tujuan saling mengkritisi satu sama lain sebenarnya sederhana, agar ideal. Tidak terlalu buruk, pas saja. Atau syukur-syukur kalau lebih baik. Tapi tidak semudah itu menemukan sebuah nilai ideal ditengah banyaknya perbedaan satu sama lain. Karena ideal tidak akan kita temukan pada orang lain. Ideal itu hanya ada pada diri sendiri, yaitu ketika kita merasa cukup. 

Semoga segera keluar dari zona nyaman, lebih gereget dan lebih baik lagi dari saat ini. Terserah..dengan caranya sendiri saja. Semoga maksimal.

Selamat menjadi pria 23 tahun.
.

.

.

Bna, 14 Agustus 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s